• Status Order
  • Tlp: 021-7316335
  • SMS/WA: 081511151615
  • Line : 35271178
  • BBM : D99363DF
  • prazz_dj@yahoo.com
  • Layanan Online:
Terpopuler:

4 Cara Mudah Dan Simpel Menghubungkan Android Dengan TV

03 July 2016 - Kategori Blog

4 Cara Mudah Dan Simpel Menghubungkan Android Dengan TV

Menghubungan perangkat Android dengan Televisi

Menghubungkan Android dengan TV bukanlah sebuah hal yang mustahil, sebab semua hal tampak bisa dilakukan berkat kemajuan teknologi yang sangat pesat. Beberapa jenis perangkat Android termutakhir membenamkan port khusus supaya pengguna bisa memasang kabel HDMI yang justru penting guna menghubungkan TV dengan perangkat Android yang digunakan. Akan tetapi pertanyaan pentingnya adalah: mengapa seseorang perlu menghubungkan perangkat smartphone Android dengan televisi?

Ada beberapa tipe pengguna handphone yang kerap merasa bahwa layar tablet maupun ponsel pintar miliknya kurang besar, sehingga kurang seru untuk menikmati, misalnya, konten QHD maupun FullHD yang terkadang kurang maksimal bila hanya dinikmati di layar tablet maupun hp. Beberapa tipe game Android bahkan akan terasa sangat nyaman bila dimainkan di layar besar, dan ini menjadi alasan mengapa beberapa pengguna cenderung lebih menyukai bila perangkatnya bisa disambungkan ke layar yang lebih besar semisal proyektor, TV, dan lain sebagainya. Dengan demikian, konten yang ingin dilihat menjadi lebih maksimal.

Menghubungkan Android dengan TV sebetulnya bisa dilakukan dengan mudah, sebab seorang pengguna hanya membutuhkan dua benda, yakni TV layar besar dan sebuah ponsel pintar. Seutas kabel konektor HDMI rasanya juga dibutuhkan, supaya hubungan dengan TV bisa lebih mudah dilakukan. Akan tetapi kabel HDMI hanya dibutuhkan bila seorang pengguna memang benar-benar ingin melihat konten HD di atas layar besar pesawat televisi yang pernah dimilikinya.

Teknologi yang memanfaatkan hubungan antara ponsel dengan pesawat televisi sebetulnya bukanlah teknologi yang baru-baru amat. Di zaman ketika smartphone belum sesemarak sekarang, orang sudah pernah mencoba menghubungkan handphone dengan pesawat televisinya. Di zaman ketika merk Nokia masih berjaya dengan ponsel C7-nya, orang bisa membuat seutas kabel TV-Out sendiri guna menghubungkan perangkat tersebut dengan pesawat televisi miliknya. Yang dibutuhkan hanyalah seutas kabel RCA dan kabel bekas headphone/earphone.

Setelah seutas kabel TV-Out selesai dibuat, pemilik Nokia C7 bisa menghubungkan perangkatnya ke sistem audio-visual yang tersedia di ruang tamu rumah ANda. Kualitas suara yang dihasilkan perangkat tersebut bisa dibilang sangat mumpuni, oleh karena ia memang diciptakan khusus untuk para penggemar musik. Kabarnya kualitas suara yang dihasilkan memang tergolong kelas atas, dalam arti sangat jernih, empuk, dan lebar.

Zaman kini telah berganti dan orang-orang tidak perlu repot membuat kabel TV-Out sendiri supaya perangkatnya bisa terhubung dengan baik ke pesawat televisi. Dengan menghubungkan perangkat TV ke Android, seorang pengguna bakal bisa memiliki akses untuk menikmati sejumlah aplikasi di atas layar lebar. Aplikasi yang bisa diakses pun beragam, mulai dari film, game, sampai aplikasi lain seperti word processing.

Ada tiga metode untuk menghubungkan tablet maupun handphone pintar berbasis Android dengan TV. Mari kita mulai dengan yang pertama, yakni memanfaatkan CheapCast.

  • Metode 1: memanfaatkan CheapCast menggunakan perangkat lain

Cheapcast untuk menghubungkan Android dan TV

Setidaknya ada empat langkah yang perlu dilakukan.

  1. Yang pertama adalah mempersiapkan beberapa jenis peralatan. Pertama-tama, pengguna perlu mempersiapkan perangkat Android (ponsel pintar maupun tablet) yang kemudian akan dimanfaatkan untuk menjadi “host” CheapCast. Siapkan laptop/smartphone lain yang berfungsi sebagai “remote”, yang bakal dimanfaatkan untuk menjalankan Chromecast di TV, dengan cara memanfaatkan fitur HDMI. Setelahnya pengguna perlu mempersiapkan HDMI guna menghubungkan perangkat “host” ke pesawat TV. Bila tidak ada port maupun kabel HDMI, maka siapkanlah adapter MHL yang bakal berfungsi sebagai pengganti.
  2. Pengguna perlu mengunduh dan memasang aplikasi CheapCast di perangkat yang berfungsi sebagai “host” (tablet maupun ponsel yang telah dipersiapkan sebelumnya).
  3. Pengguna bisa menghubungkan perangkat “host”, dari tablet/handphone ke pesawat televisi. Bila “host” tidak memiliki socket HDMI, maka gunakanlah adapter MHL.
  4. Gunakan aplikasi Chromecast melalui perangkat “remote”, supaya bisa digunakan di pesawat televisi. Bila sudah, perangkat “host” akan berfungsi seperti Chromecast. Segala yang tampil di layar perangkat pintar akan terlihat di atas layar televisi.
  • Metode 2: Gunakan Chromecast

Koneksi dari Android ke TV menggunakan Chromecast

Ada enam langkah yang perlu dilakukan di sini, termasuk seperti yang dijabarkan di bawah:

  1. Pengguna perlu membeli Chromecast dan menghubungkannya ke pesawat televisi. Benda seperti Chromecast biasanya terhubungan ke port HDMI yang tersedia di pesawat televisi Anda, dan biasanya digunakan untuk melakukan streaming serta menghubungkan perangkat lain ke TV.
  2. Unduh dan pasang aplikasi bernama Chromecast pada ponsel pintar maupun tablet. Aplikasi ini bisa ditemukan di pasar “Play Store” yang tersedia di perangkat yang Anda miliki. Pasanglah Chromecast versi terbaru.
  3. Memanfaatkan jaringan Wi-Fi lokal. Hidupkan penangkap sinyal Wi-Fi pada ponsel/tablet, kemudian persiapkan untuk langkah selanjutnya.
  4. Aplikasi Chromecast kemudian perlu dibuka melalui layar perangkat Android.
  5. Beralihlah ke pesawat televisi. Pindahkan kanal saluran dari TV ke HDMI menggunakan remote control untuk pesawat televisi.
  6. Di langkah terakhir ini, pengguna akan diminta untuk memasukkan kode setup, yang biasanya muncul pada layar TV. Kode setup diperlukan guna mensinkronkannya dengan perangkat ponsel/tablet. Akan tetapi Chromecast hanya akan tampilan yang muncul pada peramban Chrome serta aplikasi lainnya yang memang dirancang untuk Chromecast. Tidak perlu khawatir, sebab semakin banyak fungsi yang kini dibenamkan ke dalam aplikasi tersebut.
  • Metode 3: Menggunakan kabel HDMI

Konektor dari Android ke TV

Setidaknya ada tujuh hal yang perlu digunakan bila Anda ingin memanfaatkan kabel HDMI untuk menghubungkan kedua perangkat yang berbeda.

  1. Membeli kabel HDMI yang kompatibel dengan perangkat tablet/ponsel Anda. Fungsi kabel bisa dites dengan memasukkan ujung pipih kabel HDMI ke dalam socket pengisian baterai yang tersedia pada tablet/ponsel Anda.
  2. Matikan dulu pesawat televisi dengan menekan tombol on/off.
  3. Menghubungkan perangkat televisi ke tablet/smartphone. Masukkan ujung pipih ke ponsel dan ujung satunya yang besar ke socket televisi yang memiliki bertuliskan HDMI.
  4. Nyalakan kembali pesawat televisi dan pindahkan kanal saluran ke opsi HDMI.
  5. Beralihlah ke perangkat tablet/smartphone. Pastikan supaya tidak terkunci agar pengguna bisa mengakses ke sejumlah aplikasi dan pengaturan pada perangkat.
  6. Selanjutnya arahkan akses ke ikon Settings di layar utama perangkat tablet/ponsel. Selanjutnya pengguna bisa memberikan tanda centang pada opsi yang bertuliskan “HDMI Connection”. Setelah semua proses selesai, kini perangkat yang Anda miliki sudah terhubung ke pesawat televisi.

Mana yang Lebih Mudah?

Dari ketiga metode untuk menghubungkan perangkat tablet/smartphone dengan TV, mana yang tampaknya paling mudah untuk dilakukan? Metode kedua tampaknya jauh lebih mudah dilakukan, sebab apa yang dibutuhkan hanyalah sebuah aplikasi sederhana yang bisa dipasang dengan mudah ke dalam perangkat tablet/ponsel berbasis Android. Pilihan kedua yang juga tidak kalah mudahnya adalah metode ketiga yang memanfaatkan kabel konektor HDMI. Sementara itu opsi yang memanfaatkan metode pertama mungkin terlalu rumit bagi sebagian besar orang, sebab membutuhkan perangkat tambahan lain seperti laptop maupun smartphone lain. Namun secara umum, pilihan yang tersedia sudah lengkap dan pengguna tinggal menyesuaikannya dengan keinginan.